Sabtu, 08 Juni 2013

Bingung nulis apa?

Assalamualaikum..

ketika ingin memulai suatu tulisan atau karangan sendiri kadang kita bingung harus mulai dari mana,bagaimana memulainya,apa yang hendak dimulai. dan itu adalah hal yang paling susah menrut gue. apa yang mau di tuliskan menjadi buyar gara - gara tidak tau harus menulis dari mana.

gara - gara masalah itu juga orang jadi malas untuk menulis. katanya "nggak dapat inspirasi,jadi malas nulis". dan sekarang pun gue juga bingung harus menulis apa,bahan nya pun kehapus dimemori ingatan.

liat kan gue bingung mau nulis apa ?

kata ibu guru gue pas SMA, "ketika mengarang itu harus punya yang namanya KONSEP". gue mikir,konsep? apa tuh konsep? sejenis makanan atau sejenis kotoran kucing?. ternyata konsep itu sebuah pemikiran atau gambaran dasar tentang apa yang ingin ditulis yang di muat dalam sebuah kerangka. tetep aja gue bingung, kan otak gue cuma sebelah -__-".

tapi setelah bertahun - tahun lamanya,gue jadi tahu apa yang dimaksutkan guru gue tadi. thanks my teacher.. dalam menulis karangan, sebenarny yang kita pikirkan bukan harus menulis dari mana,tetapi bagai mana membantuk sebuah yang namanya konsep tadih. konsep tuh bisa dibilang berawal dari sebuah pengantar, terus disambung dengan beberapa pertanyaan mengenai apa yang ingin ditulis. nah setelah itu baru dijawab deh pertanyaan tersebut. begitu lah kira - kira..

dalam menulis pun kalo mau bagus,kita harus suka dengan apa yang kita tulis. berpengaruh nggak? jelas berpengaruh. pada saat lo nggak mau lagi nulis, terus dipaksa untuk menulis, yang ada tulisan lo akan jelek hasilnya (kaya gue gini). jadi sebelum menulis lo harus suka dulu terhadap apa yang lo tulis.

udah itu aja.
wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar